Sabtu, 05 Juni 2010

Keadilan bagi manusia

Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pedoman, pegangan, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Oleh karena itu pandangan hidup tidak timbul dalam waktu singkat, melainkan melalui proses yang lama dan terus-menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat di uji kenyataannya. Pandangan hidup yang diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung atau suatu organisasi yang disebutideologi .

Pandangan hidup berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya .
2. Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kubudayaan dan norma yang terdapat pada suatu Negara .
3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya .

Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur, yaitu :
• Cita-cita
Adalah keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya. Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum mungkin terpenuhi, maka cita-cita tersebut disebut angan-angan.
Dapat atau tidaknya seseorang mencapai cita-cita tergantung 3 faktor, yaitu :
1. factor manusia yang mempunyai cita-cita.
2. kondisi yang dihadapi selama mencapai cita-cita.
3. seberapa tinggi cita-cita yang hendak dicapai.

• Kebajikan
Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Semua orang mempunyai suara hati yang selalu mendesaknya untuk berbuat baik. Manusia diharuskan untuk selalu melakukan perbuatan sesuai suara hatinya. Jadi, kebajikan juga dapat diartikan sebagai perbuatan yang sesuai dengan suara hati, suara hati masyarakat, dan hukum Tuhan .
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkah laku seseorang adalah :
• Faktor pembawaan
• Faktor lingkungan
• Pengalaman

o Usaha/Perjuangan
Usaha atau perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita yang dapat dilakukan dengan otak atau ilmu maupun dengan tenaga atau kasmani atau kedua-duanya. Dalam berjuang atau berusaha manusia dibatasi oleh kemempuan yang akan membedakan tingkat kemakmuran antara satu dengan yang lainnya .

• Keyakinan atau Kepercayaan
Keyakinan atau kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan .
Menurut Prof.Dr.Harun Nasution ada 3 aliran filsafat, yaitu :
• Aliran naturalisme
Hidup manusia dihubungkan dengan kekuatan gaib yan merupakan kekuatan tertinggi yaitu Tuhan atau Nature (bagi yang tidak percaya Tuhan) .
• Aliran intelektualisme
Aliran ini dilandasi oleh keyakinan kebenaran yang diterima akal. Aliran ini akan menyebabkan pertentangan antara akal dengan hati nurani, karena aliran ini ditekankan pada akal, maka manusia yang berfikir rendah (bodoh) akan dikuasai oleh manusia yang berakal (berilmu/berteknologi).
• Aliran gabungan
Aliran ini didasarkan oleh akal dan juga kekuatan gaib. Apabila akal dan kekuatan giab dijadikan dasar secara berimbang, pandangan hidup ini disebut dengan Sosialisme-Religius . Kebajikan yang dikehendaki adalah kebajikan menurut logika berpikir dan dapat diterima oleh hati nurani, semuanya itu berkat karunia Tuhan .

Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik :
1. Mengenal
2. Mengerti
3. Menghayati
4. Meyakini
5. Mengabdi
6. Mengamalkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar