Rabu, 27 April 2011

Definisi Masalah Pokok Ekonomi (Tugas 1)

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas untuk mencapai kemakmuran. Ilmu ekonomi merupakan ilmu memilih, karena mempelajari perilaku manusia dalam menentukan pilihannya. Ilmu ekonomi mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber-sumber daya yang langka (dengan dan tanpa uang), dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya.

Ilmu ekonomi muncul karena karena adanya problem/permasalahan ekonomi. Problem/msalah ekonomi tersebut adalah adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Masalah pokok ekonomi klasik yaitu 5W & 1H. Sedangkan masalah pokok ekonomi modern adalah:
1 What
Yaitu menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, berapa jumlah yang harus diproduksi.
2 How
yaitu bagaimana cara seorang produsen menentukan tingkat produksi, dan memilih serta menggunakan faktor-faktor produksi yang meminimumkan biaya dan memaksimumkan keuntungan baginya.
3 For Whom
yaitu untuk siapa barang dan jasa tersebut diproduksi, bagaimana distribusi pendapatan untuk masing-masing pemilik faktor produksi.

Sumber :http://id.wikipedia.orghttp://oziekonomi.wordpress.comBuku Ekonomi Kelas 2 penerbit Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar