Minggu, 10 Januari 2010

awal lahirnya komputer digital elektronik



Sejarah manusia untuk membuat mesin yang dapat melakukan sederetan perhitungan panjang secara otomatis sudah berlangsung lama. Usaha dini yang terkenal dilakukan pada abad kesembilan belas oleh charles Babbage, seorang ilmuan dan metematikawan inggris. Babbage berusaha memekanisasi sederetan perhitungan, menyingkirkan operator dan merancang mesin yang melakuakan semua operasi yang diperlukan deretan yang ditentukan lebih dulu. Mesin yang di rancang oleh Babbage memakai kartu yang berlubang yang fungsinya memberikan instruksi dan data (bilangan yang di perlukan pada mesin itu.



Mesin itu menjalankan instruksi yang di tentikan oleh kartusecara otomatis, tanpa berhenti sampai semua deretan instruksi itu di jalankan. Kartu berlubang biasa dipakai untuk mengendalikan mesin dan telah dipakai untuk mengendalikan operasi mesin tenun. Sungguh mengherankan, Babbage memperoleh uang untuk proyek ini dari pemerintah inggris untuk memualai konstruksinya. Walaupun ini sangat di batasi oleh teknologi pada waktu itu sehingga mesinya tidak pernah di selesaikanya, tetapu Babbage berhasil menegakkan prinsip dasar yang dipakai dalam konstruksi komputer modern. Ada spekulasi bahwa jika ia tidak kekurangan uang, tentu ia bisa berhasil membangun mesin itu.
Charles Babage's (1791-1871) Difference Engine

Walaupun Babbage meninggal tanpa bisa mewujudkan mimpinya, ia berhasil menegakkan konsep pokok yang dipakai untuk membangun mesin jauh melampaui harpanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar